KCCI Indonesia, berkata melalui puisi (1)

Kali ini aku mau cerita pengalaman yang udah lama banget, enggak banget juga sih. Okee next

Korean Cultural Center atau biasa disingkat dengan KCC adalah salah satu pusat kebudayaan di Indonesia yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menyebarkan kebudayaan Korea di Indonesia, meningkatkan persahabatan antara kedua negara melalui pertukaran kebudayaan dan sumber daya manusia, lalu meningkatkan pemahaman antar dua negara.

Jadi waktu itu sekitar bulan Agustus-September KCC Indonesia bersama Korea Dicapoem Institute mengadakan Kompetisi Dicapoem Hangeul ke- 1 dalam rangka memperingati Hari Hangeul 2019. Semuanya berawal dari ketidaksengajaan, pas lagi asik scroll instagram ehh nemu akun KCC Indonesia. Belum tau juga KCC itu apa, coba scroll dan banyak banget event yang mereka buat. Di postingan teratas ada Kompetisi Dicapoem Hangeul ke- 1 yang pertama aku liat ini bebas biaya pendaftaran, yang penting gratis yee kan masalah terpilih atau enggaknya itu urusan terakhir. Sebelum lanjut lebih jauh, jadi Dicapoem itu singkatan dari Dica (kamera digital) dan Poem (puisi). Lebih lengkapnya Dicapoem merupakan seni multi—bahasa yang terdiri dari satu foto dan lima baris puisi dalam bahasa Korea.

Yuu lanjut. Jadi pas aku liat post-an itu, aku liat batas pendaftarannya (btw aku daftar H-1 pendaftaran ditutup) baru deh baca ketentuannya kaya gimana. Enggak ribet sih menurut aku dan kebetulan puisi yang aku kirim itu puisi lama yang udah dibikin tapi belum dipost. Waktu itu aku kirim 3 puisi dan yang terpilih hanya 1 puisi.

Singkat cerita..
Pas tanggal 7 Oktober aku buka website sama sosmednya KCC, meskipun gak berharap terpilih tapi yaa wajib dong buat liat wkwkk. Tapi ternyata belum ada info apapun. Terus pas tanggal 8 Oktober pagi, pas-pasan lagi bareng mama di pasar. Tiba-tiba ada yang nelpon tuh karena emang lagi rame banget, suaranya enggak kedenger jelas tapi yang pasti itu yang ngomong orang korea hahaa kaget dong saya. Namanya k-popers halunya pasti “oppa yang mana ini yang nelpon?” begitu juga saya.
Setelah beberapa menit berlalu (ceilah), ada nelpon lagi. Biasalah pertama nanyain nama terus dikasih selamat bahwa aku terpilih sebagai salah satu pemenang Kompetisi Dicapoem Hangeul ke- 1. Super kaget dong saya, sampe ngomong aja belepotan banget. Karena posisi agak jauh dari mama (inget yaa ini masih di pasar), kaki otomatis langsung lari wkwkk. Yang masih diinget itu raut wajah mama yang lebih seneng dari aku.

Singkat cerita lagi.
Dengan penuh pertimbangan buat hadir di ceremony, akhirnya hadir juga. Perlu digaris bawahi bahwa saya anak kamaran yang tiap hari kerjaannya di kamar, sekalinya keluar jauh pasti sama orang tua dan sekalinya maen pasti ke tempat yang deket. U knowlah, butuh nyali besar buat ngebolang sendiri ke tempat yang bener-bener asing.

Btw cerita selanjutnya bakal dipost, di post-an selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer